Sunday, 8 July 2018

Tips Diet Ala Shanty Huang



Hallo semuanya.. apa kabar?

Sejak pindah ke Jakarta di Juli 2016, aku memang ngurus rumah dan semuanya sendiri, seharusnya kalau semuanya urus sendiri pasti capek donk yach?  harusnya kurusan donk ya? Tapi ternyata tidak sodara-sodara, godaan kota  Jakarta dengan berjuta varian kuliner ini membuat ku terlena, ditambah lagi bapake Sakura aka suami saya itu hobby banget buat makan dan kuliner, tiap pulang kerja selalu dia nanya mau makan apa? dan ditambah dengan ke praktisan GOJEK dengan layanan Go Food yang buat aku makin lupa dunia.

Dan akhirnya berat aku terus bertambahdan bertambah, untuk makanan berat aku mungkin kurang gitu suka tapi aku paling ga’ tahan dengan yang namanya coklat, minuman manis lengkap dengan bubble ala Cha Time, KOI, Starbucks  itu jadi menu favorite aku. Ditambah lagi ketika memasukin usia 30 berat badan yang tadinya gampang buat turun,  sekarang tuch susahnya ampun, kalau bisa bilang minum air putih aza bikin gemuk.

Sampai akhirnya aku menyadari kalau berat badan aku udah nyampe di 55kg, tolong itu berarti aku naik sampai 7 kg sejak aku pindah ke Jakarta, baju jadi pada ga’ muat, alah cuma 55kg koq ga gemuk itu? Badan aku itu tergolong mungil,  tinggi cm 152 cm kalau udah naik di atas 50an ini langsung berasa dan aku ga PEDE, belum lagi baju yang semuanya pada ketat.


Diet sering banget donk jadi wacana tapi ga’ tau kenapa ga pernah sukses dan akhirnya gagal yang ada berat badan stuck dan ga turun-turun, dan akhirnya aku mulai mengubah pola makan aku, dan di awal july 2018 berat badan aku kembali ke berat sebelum aku menikah 47 kg, dan sekarang aku masih tetap menjaga pola makan aku supanya bisa tetap stabil kalau bisa berkurang yach itu bonus.
Hari ini aku mau share tips diet ala aku, mungkin aku bukan ahlinya, jadi aku buat berdasarkan pengalaman:


1.       NIAT

Untuk menjalankan segala sesuatu itu harus di mulai dari NIAT, nah niat ini harus di mulai dari hati kamu, bukan cuma di mulut aza. Kalau niat diet yang dijalankan di mulut aza itu pasti gampang banget gagal, pokoknya mulai hari ini aku harus diet, udah nich dari pagi di mulai dengan sarapan buah atau granola dan susu low fat, eh begitu siangan ada teman yang ajak makan  KFC  paket hemat langsung luluh dech, ujung ujungnya bilang gini ah udah terlanjur makan KFC udahlah besok aza dietnya, eh langsung dilupakan dietnya di tambah gorengan di tambah minum bubble tea atau milk tea.

2.       KENAPA HARUS DIET?
Selain niat yang ada, kamu harus yakin kan diri kamu apakah kamu butuh diet? Buat apa kamu diet dan apakah pola makan kamu sudah sehat?
Sudah bisa dipastikan banyak para wanita mau diet pasti karena alasan PENAMPILAN, benar sodara-sodara? Tapi bukannya alasan kesehatan adalah hal yang utama. Ketika kamu terus konsumsi makanan dengan kalori tinggi, kadar gula tinggi, mengandung minyak dan santan yang banyak tiap hari, apa itu sehat buat badan kalian?

Pernah ga dengar orang yang bilang begini, udah punya anak ini ga usah diet-diet lah, udah laku ini, udah emak-emak?   Lalu bepikirlah kalian misalnya pola makan kalian ga’ sehat hidup dengan makan kalori tinggi, tinggi gula, ga’ olah raga lalu misalnya sakit kolesterol , diabetes lalu sakit? anak sama suami siapa yang urus?

3.       Diet Sehat

Kalau sudah meyakinkan diri kenapa kamu harus diet, mulailah mencari metode diet yang sehat yang ga’ akan buat badan kamu sakit atau menyiksa hidup kamu. Saran aku jangan pernah tertarik untuk menurunkan berat badan kamu dengan obat-obatan kurus seketika yang dijual di pasaran, pasti bakal kurus tapi apa sudah pertimbangkan efek sampingnya?

Dulu setelah melahirkan Sakura, berat badan aku juga naik drastis sampai 24kg, aku pernah cobain obat diet akhirnya jantung aku detaknya kencang banget, insomnia dan yang paling parah aku pernah sampai ke UGD tengah malam karena infeksi saluran kencing. Dan aku memang ga bisa diet dengan konsumsi teh ataupun supplemen, itu pasti bakal buat insomnia tingkat dewa. Yang ada bukannya aku makin sehat, badan makin ngedrop iya.

Akhirnya aku mulai searching di internet, cara diet dan pola diet yang bisa tetap buat aku happy:

·         Mulai dengan mengurangi pola makan terlebih dahulu
Buat kamu yang baru aza pengen mulai diet, saran aku jangan langsung mencoba diet ekstrem seperti langsung ga makan nasi, langsung makan buah 1 harian, langsung skip makan, itu bakal buat tubuh kamu kaget dan ngedrop.

Mulailah dengan mengurangi porsi makan kamu, tetap makan 3x sehari tapi dengan porsi yang lebih sedikit. Misalnya untuk sarapan kamu makan 1 piring nasi goreng plus telor plus teh manis hanget, kamu bisa mengurangi setengah porsi nasi kamu, teh manis d ganti dengan air putih aza. Begitu juga dengan porsi makan siang dan makan malam kamu.

Karena menurut aku pribadi ni kebanyakan orang yang gagal diet itu, pertama karena niatnya cuma senin kamis dan langsung memulai dengan diet ekstrim yang buat dia menderita dan jenuh. Setelah kamu mengurangi porsi makan kamu, pasti usus dan tubuh kamu akan mulai terbiasa, kamu bisa mencoba metode diet lainnya .

·         Kurangi Karbohidrat (Nasi Putih) / Ganti dengan Nasi Merah
Tips ini beneran berpengaruh banget loch untuk berat badan dan juga untuk kesehatan kamu, karena nasi merah mengandung serat yang lebih banyak dan juga kadar gula lebih sedikit. Mungkin buat kamu yang pertama kali makan bakal merasa ga enak, tapi setelah kamu jalani bakal biasa aza koq.

Untuk aku pribadi, aku memang aslinya ga begitu suka makan nasi, kecuali menu makan itu aku suka banget baru aku bisa makan nasi banyak, jadi sekarang aku kalau lapar banget pasti konsumsi nasi merah sedikit, dan aku biasanya mengganti nasi dengan karbohidrat lain seperti kentang atau dengan makan tinggi protein seperti telur rebus, banyakin sayuran dan tahu dan banyakin minum sup.

·         Kurangi Gula, Mie, Roti dan  makanan mengandung banyak santan, minyak dan tepung.

Gula ini meningkatkan jumlah insulin dalam badan dan meningkatkan jumlah produksi lemak tubuh. Aku pecinta makanan manis, aku pecinta coklat, aku pecinta mie, mie instan dan segala jenis mie. Tapi setelah aku pelan-pelan mengurangi semuanya badan terasa lebih sehat dan bonusnya berat badan lebih cepat turun.

·         Camilan sehat

Siapa bilang kalau lagi diet ga boleh ngemil? Boleh koq asal kamu bisa mengatur jumlah kalori dari cemilan yang kamu makan dan juga mengganti cemilan kamu, kamu bisa tetap happy koq. Mungkin selama ini camilan kamu gorengan, siomay, bakso atau 1 bungkus oreo atau roti, kamu bisa ganti camilan kamu jadi buah, granola dan sekarang ada banyak cemilan sehat yang bisa kamu beli atau olah dan resepnya banyak banget di youtube.

Kalau aku setelah aku mengatur pola makan dan hasrat aku buat ngemil dan jajan itu pelan-pelan berkurang banget loch, dulu paling ga tahan aku kalau liat coklat atau wafer coklat kalau makan bisa 1 kemasan sendiri tapi sekarang makan 2 pcs buat rasa dan dinikmati aza uda cukup.

Dan selain itu jangan ngemil sambil nonton, atau melakukan kegiatan monoton, karena kamu bakal lupa diri dan akhirnya lupa berapa banyak snack yang sudah kamu konsumsi.

·         Olah raga

Pengen kurus tapi malas gerak, abis makan langsung bobo cantik di kamar sambil nonton film Korea, itu namanya mustahil.  Kalau kamu punya waktu, punya budget ga ada salahnya kamu ngegym.

Misalnya kamu mama sibuk seperti saya, yang sehari-hari ngurus rumah dan harus kerja kamu bisa manfaatkan waktu kamu paling ga 1 hari 30 menit aza, atau minimal 3x seminggu. Olahraga yang aku lakukan terbilang ringan, aku suka Kpop dan aku sengaja download banyak dance kardio Kpop yang buat aku semangat buat olahraga.


·         Ramuan Singset untuk Detox

Pernah baca lemon atau jeruk nipis itu bisa membantu menurunkan berat badan?
Aku ketemu sama ramuan ini pas iseng searching di youtube, jadi aku suka minum ini setiap pagi dan ini ngebantu banget untuk nurunin berat badan.


Sebelum memulai aktivitas aku, aku minum air rebusan jeruk nipis+sereh+green tea, memang sich rasanya ajaib banget tapi ini membantu untuk mendetox atau membuang sisa kotoran yang ada di usus kamu.

·         Pelan tapi pasti
Buat kalian yang pengen dietnya sukses bukan diet yoyo yang naik turun, kalian harus sabar dan rutin menjalankan pola diet seperti ini, karena diet yang sehat itu normalnya 1 bulan turun 2-3 kg, ada beberapa metode diet yang turun super drastis tapi begitu kamu ga’ jaga pola makan kamu itu langsung kembali.

·         Cheat day
Aku pribadi memberikan reward buat diri aku sendiri dengan cheat day 1 Minggu 1-2x, jadi dalam 1 hari aku boleh makan apa aza, misalnya ovaltine macchiatonya KOI, makan KFC dll, tapi aku tetap ga makan sampe kalap ya tetap ga berlebih dan bukan untuk ajang balas dendam.

Seperti yang aku bilang kalau pola makan kamu benar, pasti nafsu makan kamu juga akan pelan-pelan berkurang, aku sendiri sekarang bahkan sampai liburan 5 hari yang aku bilang itu CHEAT DAY 5 Hari buat aku, aku makan biasa aza porsinya biasa aza dan bahkan liat kuliner banyak aza aku ga kalap.


·         Motivator
Diet juga butuh motivator, bisa artis Kpop idola kamu yang punya body ramping atau selebram atau youtuber yang fokus membahas diet,  aku follow beberapa account di Instagram dan di youtube yang suka share tips dan trik diet sehat, terkadang mereka suka share ilmu diet mereka dan juga resep makanan yang bisa kamu tiru.

Berikut aku share menu makanan aku:

Breakfast:

1 gelas susu low fat
Atau
Overnight oat

Snack:
Buah/low kalori snack

Lunch:
Gado-gado tanpa lontong
Atau
3 sendok nasi plus sayuran yang ada

Snack:
Yogurt atau buah

Dinner:
Telor dadar plus ayam bakar
Atau
Sate ayam 5 tusuk tanpa lontong
atau
Yogurt plus Granola


                    Ada banyak tips dan metode diet sehat yang bisa kamu temukan di Internet, saran aku lakukan lah dengan NIAT dan Happy, hidup cuma sekali jangan di buat susah dan menderita. Kalau kamu bangga dengan bentuk tubuh kamu, yach ganti aza pola makannya dengan yang lebih sehat, tapi juga jangan sampai karena kamu pengen happy terus kamu sampai lupakan masalah Kesehatan

Thanks All For Reading My Blog

See You
Shanty Huang

1 comment:

  1. Huaaa aku mupeng banget pengen diet dan langsing lagi hiks. Makasih yaa tipsnyab

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...